Inter Personal Skill adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain, baik dalam berkomunikasi verbal maupun non verbal dengan tujuan untuk pengembangan kerja secara optimal.
- Kemampuan berkomunikasi
- Membangun hubungan baik
- Kemampuan memotivasi
- Kemampuan kepemimpinan
- Kemampuan memasarkan diri sendiri
- Kemampuan bernegosiasi
- Kemampuan berpresentasi
- Kemampuan berkomunikasi di depan public
- Mendengarkan
- Memberikan umpan balik
- Membujuk
- Mengelola konflik.
- Untuk memahami dan memperoleh informasi
Orang yang menguasai informasi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukse, baik secara pribadi maupun dal konteks professional, sebab, di era sekarang, menguasai informasi berarti menguasai sumber daya. - Analisis terhadap kualitas informasi
Mendengarkan dan mendapatkan informasi lebih banyak akan meningkatkan kualitas pesan yangditerima, kelengkapan data, dan kemampuan mengolah informasi, sehingga simpulan atau analisis terhadap suatu kondisi atau keadaan dapat di ambil. - Membangun dan memelihara hubungan
Alasan untuk mendengarkan adalah untuk melakukan komunikasi interpersonal. Banyak survai telah membuktikan bahwa orang yang memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan efektif/baik, memiliki hubungan yang lebih baiik dengan sesamanya, sebaliknya mereka yang kurang mampu untuk mendengar akan memperburuk hubungan, atau setidaknya tidak dapat membangun hubungan yang lebih baik (Kaufgmann, 1993). - Menolong orang lain
Kemampuan mendengarkan wajib dimiliki agar dapat memahami oaring lain dan, pada akhirnya, dapat menolong orang lain. Beberapa profesi menjadikan kemampuan mendengarkan sebagai suatu yang wajib dimiliki untuk dapat membantu para klien, misalnya profesi dokter, pengacara , psikolog, guru atau lainnya. Namun tidak terbatas hanya pada para professional, setiap orang dapat juga memberikan bantuan bagi orang lain, karena yang diperlukan hanya kemampuan untuk mendengarkan dengan baik dan efektif. - Memberi umpan balik
- Mendengarkan dengan diam
Banyak alasan untuk tidak mengatakan sesuatu ketika mendengarkan, antara lain, mungkin kita tidak iingin pembicaraan berlanjut atau bosan karena sudah mendengarkan cerita tersebut berulang kali.
Pada kondisi seperti di atas, respon terbaik memang diam, karena jika kita memberikan respon verbal, si pembicara akan terdorong untuk melanjutkan ceritanya. - Mengajukan pertanyaan
Beberapa alasan untuk mengajukan pertanyaan antara lain : - Untuk memperjelas makna
- Untuk mendapatkan konsep, perasaan, keinginan lain
- Untuk mendorong berbicara lebih lanjutUntuk mendorong pencarian lebih lanjut.
- Membuat pertanyaan
Membuat pernyataan adalah menyatakan kembali pesan yang diterima dengan menggunakan kalimat sendiri. Menyatakan kembali pesan yang kita terima bukan dengan cara mengulang apa yang disampaikan, melainkan dengan menyatakan kembali apa yang kita pikirkan mengenai pesan yang kita terima dengan menggunakan kata-kata sendiri, sebagai cara untuk meyakinkan arti dari pesan yang kita terima. - Menyatakan empati
Menyatakan empati adalah tipe pemberian umpan balik yang digunakan oleh pendengar untuk menyatakan keberadaannya, menunjukkan perasaan, menyatakan persepsi ataupun perhatian kepada apa yang disampaikan oleh si pemberi pesan. - Memberikan dukungan
Respon dengan memberikan dukungan adalah menyatakan rasa solidaritas pendengar terhadap situasi yang dihadapi oleh pembicara. - Melakukan analisis
- Melakukan evaluasi
- Memberikan pendapat
- Kredibilitas (anda bisa dipercaya)
- Nalar (isinya masuk akal)
- Sentuhan emosional (memunculkan perasaan suka)
- Bangun kredibilitas
- Gunakan pendekatan positif dan bijaksana
- Jelaskan dengan baik maksud kita
- Sajian bukti yang kuat guna mendukung permintaan kita
- Sesuaikan alasan permintaan kita dengan karakteristik orang yang kita bujuk
- Perhatikan kepentingan pihak yang sedang kita bujuk
- Sentuh aspek emosionalnya
- Motivasi meningkat
- Identifikasi masalah/pemecahan meningkat
- Ikatan kelmpok lebih erat
- Penyesuaian diri pada kenyataan
- Pengetahuan.
- keterampilan meningkat
- Kreativitas meningkat
- Membantu upaya mencapai tujuan
- Mendorong pertumbuhan
- Produktivitas menurun
- Kepercayaan merosot
- Pembentukan kubu-kubu
- Informasi dirahasiakan dan arus komunikasi berkurang
- Timbul masalah moral
- Waktu terbuang sia-sia
- Proses pengambilan keputusan tertunda
- Konflik akan teratasi dengan densirinya bila dibiarkan
- Konfrontasi dengan sebuah persoalan atau dengan seseorang adalah hal yang tidak menyenangkan
- Konflik dalam perusahaan menunjukkan pemimpinnya tidak bias memimpin
- Konflik diantara keryawan menunjukkan mereatidak peduli pada perusahaan
- Amarah selalu bersifat negative dan merusak
- Konflik diri
Konflik diri adalah gangguan emosi yang terjadi dalam diri seseorang. - Konflik antar individu
Konflik antara dua individu. - Konflik antar kelompok dan dalam kelompok
Konflik dalam kelompok dalah konflik yang terjadi antara individu dalam suatu kelompok (tim, bagian, organisasi, dsb), sedangkan konflik antar kelompok melibatkan lebih dari satu kelompok.
- Beberapa ciri utama yakni orang yang mudah merebut peluang
- Punya ketajaman intuisi karena seiring melihat ke dalam dirinya (intuitif)
- Punya skill berkomunikasi dengan orang lain untuk memperluas jaringan kerja (komunikatif)
- Punya motivasi dan gairah untuk yang kuat untuk maju
- Punya kecakapan menggunakan dalam bakat yang dimiliki (talented)
- Bisa mengolah apa yang lama menjadi baru atau menemukan sesuatu yang baru,’different and differently’(creative)
- Inisiatif, kaya prakasa tentang kemajuan
- Punya kesadaran bertanggung jawab yang lebih besar untuk memperbaiki dirinya (sense of responsibility) Anda bisa mendownload Filenya disini: Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda Tentang Topik Di Atas